Jumat, 14 Oktober 2011

MENARA PISA


Menara Pisa berada di Itaia. Menara ini mulai dibangun sekitar tahun 1173. Semula bangunan ini dibangun tegak lurus. Namun lama kelamaan menara ini menjadi miring. Arsitek awal dari bangunan setinggi 58 meter ini adalah Bonna Pisano. Pada masa-masa berikutnya sejumlah arsitek ikut menyumbangkan gagasan dalam pebangunan menara ini. Setiap tahun kemiringan Menara Pisa terus bertambah. Itu sebabnya para ahli bangunan mencoba melakukan perbaikan agar peninggalan sejarah ini bisa tetap bertahan.

Delapan lantai  
Menara Pisa terdiri dari delapan lantai. Di lantai paling atas diletakkan sejumlah lonceng. Untuk naik ke lantai paling atas, seseorang harus menaiki tangga yang harus dinaiki berjumlah 294 buah. Gaya bangunan Menara Pisa tidak jauh berbeda dengan bangunan-bangunan keagamaan di Italia yang bergaya Roma.

Ditarik kawat baja  
Setiap tahun  kemiringan Menara Pisa bertambah. Jika dibiarkan menara ini bisa jatuh dan hancur. Karena itu para ahli konstruksi bangunan, matematika dan ahli geologi berusaha menyelamatkannya. Caranya adalah dengan menarik menara ini dengan kawat baja ke arah berlawanan dari posisi kemiringan menara. Di samping itu,diletakkan juga sekitar 800 ton pemberat di bawah konstruksi menara dengan arah yang sama. Cara ini berhasil. Pada bulan Juni 2000, kemiringan menara bisa dikurangi 16 sentimeter, dan mengembalikan posisinya seperti pada tahun 1870.

Fakta menarik
·       Menurut penelitian, kemiringan Menara Pisa adalah 5,5 derajat. Setiap tahun kemiringannya bertambah 1 milimeter dihitung secara vertikal dari puncak menara ke tanah.
·         Berat Menara Pisa 14.500 ton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar