Jumat, 21 Oktober 2011

KUIL ARTEMIS

Kuil Artemis berada di Efesus, yang letaknya di Asia Kecil. Di peta masa kini, lokasinya berjarak 50 kilometer dari Izmir di Turki. Kuil yang dibangun sekitar tahun 800 SM ini merupakan persembahan bagi Dewi Agung Artemis Diana. Kala itu, orang-orang di Efesus menganggapnya sebagai Dewi Kesuburan.
                                                  
Kuil yang megah
Kuil artemis termasuk dalam keajaiban dunia karena bangunan ini sangat  megah dan terbuat dari bahan yang mahal. Bangunan ini memiliki 127 pilar yang sangat kuat. Tinggi masing-masing pilar mencapai 20 meter. Sedangkan panjang kuil tidak kurang dari 180 meter, dan lebar 30 meter. Hampir seluruh bangunan ini dilapisi marmer. Malah di dalamnya terdapat juga patung-patung yang terbuat dari perunggu.

Tinggal puing
Ada sejumlah arsitek yang tercatat sebagai perancang Artemis. Mereka hidup di masa yang berbeda. Hal itu disebaban kuil ini sempat hancur dan dibangun kembali di masa yang berbeda. Arsitek tersebut diantaranya adalah Chersiphron dan Metagenes (600 SM), Theodorus (550 SM) dan Scopas dari Paros (320 SM). Kini kita tidak  bisa melihat kuil megah ini. Kerusuhan, peperanan dan usia telah memperburuk kondisi bangunan tersebut. Pada masa sekarang, yang bisa kita lihat hanya puing-puingnya saja.

Herostratus
Kuil Artemis pernah dibakar oleh seorang bernama Herostratus. Ia melakukannya agar namanya terkenal dan tercatat dalam sejarah. Kemarahan warga Efesustidak terbendung. Mereka menghukum Herostratus. Karena benci, penduduk Efesus tidak diperkenankan menyebut nama pemuda itu. Siapa yang melanggar akan mendapat hukuman juga.  

Sumber: Ensiklopediaku (serial pengetahuan)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar